Minggu, 06 Februari 2022

AKSI NYATA SOSIALISASI BUDAYA POSITIF

 

PGP – Angkatan 4 Kota Surakarta
Atik Yuwantiningsih
Aksi Nyata Guru SMK Negeri 1 Surakarta
“Sosialisasi Budaya Positif di Sekolah”

 LATAR BELAKANG

Merdeka Belajar merupakan harapan setiap insan di bidang Pendidikan. Dalam upaya mewujudkannya, sekolah perlu memiliki iklim pendidikan yang kondusif. Dengan iklim kondusif siswa akan merasa aman, nyaman, dan dihargai, sehingga potensi mereka akan berkembang lebih optimal. Iklim kondusif akan dapat tercipta ketika di sekolah menerapkan budaya positif, yaitu sebuah kondisi dimana tingkah laku warga sekolah yang oleh nilai-nilai dan keyakinan universal. Budaya positif akan menjadikan siswa yang berkarakter, disiplin, dan bertanggungjawab.

Penerapan budaya positif di sekolah perlu untuk segera dilaksanakan agar iklim yang positif dan kondusif dalam Pendidikan juga segera tercipta. Sebagai langkah awal dan strategi untuk menerakan budaya positif ini, sangat perlu dilakukan aksi nyata melalui sosialisasi dan pengimbasan yang dilakukan oleh Calon Guru Penggerak (CGP) mengenai materi-materi penting dari hasil Pendidikan guru penggerak (PGP). Konsep-konsep penting dari filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Budaya Positif sangat perlu untuk diimbaskan kepada para guru di sekolah agar segera bisa beradaptasi dengan paradigma baru Pendidikan. Sosialisasi dan pengimbasan yang dilakukan oleh Guru berupa paket Modul 1.1 tentang Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara, kemudian disisipkan paket modul 1.2 mengenai nilai dan peran guru penggerak, modul 1.3 tentang visi guru penggerak yang mengandung paradigma inkuiri apresiatif dan BAGJA, serta tentu saja focus yang menjadi titik berat pengimbasan adalah paket modul 1.4 tentang Budaya Positif.

Kegiatan sosialisasi dan pengimbasan program guru penggerak dilakukan oleh calon guru penggerak kepada semua rekan guru sejawat diarahkan untuk menyamakan visi dan persepsi sebagai wujud internalisasi paradigma baru Pendidikan yang berpedoman pada kemerdekaan belajar pada murid, terwujudnya profil pelajar Pancasila serta segera terciptanya budaya positif di sekolah.

 

 TUJUAN AKSI NYATA

Adapun tujuan aksi nyata yang dilakukan calon guru penggerak yaitu:

  1. Implementasi praktik baik calon guru pengerak kepada rekan sejawat dengan sasaran semua guru maupun karyawan di sekolah.
  2. Melakukan aksi nyata internalisasi budaya positif kepada rekan guru untuk mewujudkan visi sekolah pusat keunggulan/ sekolah penggerak.
  3. Melakukan kolaborasi dan coaching kepada rekan sejawat agar setiap guru memahami arti penting nilai dan peran sebagai guru yaitu guru yang Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, dan berpihak pada murid.
  4. Selain memunculkan semangat kolaborasi dengan rekan guru sejawat, diharapkan dapat juga menimbulkan semangat belajar murid untuk mencapai kebahagiaan dan keselamatan mereka di masa depan.


DESKRIPSI AKSI NYATA

Aksi nyata sosialisasi dan pengimbasan budaya positif di sekolah dilaksanakan secara bertahap dengan moda luar jaringan (tatap muka) bertempat di sekolah. Kegiatan sosialisasi diawali dengan sosialisasi secara gabungan antar CGP, karena kebetulan di SMK Negeri 1 Surakarta terdapat 6 orang guru yang menjadi CGP. Sosialisasi pertama ini dilakukan di aula sekolah karena pesertanya adalah semua guru. Materi dibuat secara ringkas tetapi bermakna dengan diselingi praktik-praktik ringan yang menyenangkan. Kegiatan ini sangat didukung oleh Kepala sekolah terbukti Kepala Sekolah juga tidak segan-segan mengikuti praktik yang sudah disiapkan oleh para CGP.

Selanjutnya dari sejumlah kurang lebih 60 orang guru kemudian dibagi menjadi 6 kelompok kecil untuk kemudian setiap kelompok akan diajak kolaborasi oleh 1 orang CGP. Kegiatan ini dilakukan dengan harapan pengimbasan dilakukan dengan lebih intens dan di dalam kelompok kecil tersebut akan tumbuh ide-ide yang baru.

 Adapun langkah-langkah aksi nyata yang dilakukan pada bulan Desember dan Januari:

Minggu III Desember dan Minggu I Januari

Berkoordinasi dengan rekan-rekan sesama CGP di SMKN 1 Surakarta untuk mempersiapkan scenario pengimbasan budaya positif kemudian konsultasi dengan Kepala Sekolah

Minggu II

Mensosialisasikan kepada rekan guru secara keseluruhan dengan kegiatan sosialisasi gabungan 6 CGP

Minggu III

Pengimbasan pada kelompok kecil mengenai materi lanjutan dari sosialisasi.

Minggu IV

Mulai menerapkan budaya positif dengan berkolaborasi dalam membuat scenario pembelajaran projek, penerapan merdeka belajar, dan pembelajaran berbasis pengalaman.

 

TOLAK UKUR KEBERHASILAN

  1. Ijin dari Kepala Sekolah untuk melakukan kegiatan aksi nyata sosialisasi dan pengimbasan.
  2. Pelaksanaan sosialisasi pada minggu ke 2 di bulan Januari 2022
  3. Pelaksanaan pengimbasan kelompok kecil pada minggu ke 3 bulan Januari 2022
  4. Implementasi budaya positif dan Merdeka Belajar oleh guru-guru sasaran pengimbasan.

 

TANTANGAN KEGIATAN 

  1. Karena bertepatan dengan libur Natal dan akhir tahun 2021 sehingga ketika melakukan aksi nyata calon guru penggerak membuat alternatif untuk mengundur aksi nyata menjadi bulan Januari 2022.
  2. Pada awal dilaksanakan sosialisasi masih banyak guru yang belum sepenuhnya memahami tentang penerapan budaya positif, karena memang merupakan hal baru dan masih banyak istilah-istilah yang belum familiar dikalangan guru selain guru penggerak.
  3. Masih terdapat rekan guru yang terkendala mengikuti sosialisasi maupun pengimbasan dikarenakan tugas yang tidak dapat ditinggalkan.


PROGRAM TINDAK LANJUT

Calon guru penggerak setelah melaksanakan sosialisasi dan pengimbasan tetap akan mendampingi guru-guru yang masih memerlukan bantuan untuk implementasi filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Budaya Positif. Pendampingan ini dilakukan selain agar CGP semakin memperdalam lagi pemahaman akan materi-materi pada Pendidikan Sekolah Penggerak, juga agar Budaya Positif dan Merdeka Belajar benar-benar dapat terwujud di sekolah.

 

 HASIL AKSI NYATA


Dukungan penuh dari Kepala Sekolah akan berbagai aksi nyata CGP 



Kegiatan awal sosialisasi dengan berbagi rasa menggunakan padlet. 



Pengimbasan Modul 1.1 – 1.4 dalam kelompok kecil per CGP




Tidak ada komentar:

Posting Komentar